6 (Enam) Beda Electric Convection Oven Dengan Conventional Oven Electric

Terjun di bidang bisnis kuliner. Terutama pastry dan bakery memerlukan oven yang tepat sesuai kebutuhan, dan yang mampu menghasilkan panggangan roti yang sempurna. Bentuk hidangannya cantik juga enak rasanya. Oleh karenanya sangat diperlukan adanya oven yang tepat. Berikut beberapa perbedaan antara Electric Convection Oven dengan Conventional Oven Electric.

Cara Menghantarkan Panas untuk Memasak

Meskipun sama-sama menggunakan daya listrik namun ada perbedaannya. Pada oven konvensional sangat mengandalkan panas yang berasal dari bagian atas dan bawah oven secara stabil untuk mematangkan makanan yang dimasak. Sedangkan pada oven konveksi maka akan ada hembusan angin dari blower yang akan membantu meratakan panas untuk memasak. Biasanya sumber panas pada oven konveksi adalah berasal dari arah belakang oven. Selain hembusan angin pada oven konveksi jiga terdapat saluran pembuangan angin guna menjaga agar panas yang dihasilkan bisa merata dan membuat hidangan matang sempurna dan lebih garing atau crispy. 

Lebih Efisien

Daya listrik yang digunakan pada oven konveksi juga lebih efisien. Sehingga bisa lebih hemat listrik. Juga tak perlu menunggu terlalu lama untuk memasukkan adonan ke dalam oven.

Tingkat Kecepatan Matangnya Hidangan

Oven konveksi juga mampu mematangkan masakan dengan lebih cepat. Sangat cocok untuk keperluan bisnis pastry dan bakery yang sering memasak hidangan dalam jumlah yang banyak.

Hasil Pemanggangan

Jika memanggang dengan oven konveksi maka kualitas rasanya akan terjamin juga dengan tingkat kematangan yang seragam. Warna coklat yang dihasilkan pada roti akan lebih merata. Mampu menghindari risiko terjadinya bagian luar masakan yang terlalu garing sementara pada bagian dalamnya masih mentah. Hal ini sangat diperlukan pada saat memasak untuk hidangan seperti kue-kue dan roti, serta daging panggang. Sehingga cocok untuk memanggang dengan hasil akhir yang renyah dan kering seperti cookies hingga croissant. Namun bagi yang lebih suka memasak secara lebih perlahan dan untuk hidangan yang lembut seperti sponge cake misalnya maka mungkin oven konvensional lebih tepat.

Flesibilitas

Oven konveksi lebih fleksibel karena kipasnya bisa dimatikan. Sehingga bisa berfungsi sebagaimana layaknya electric convection oven.

Harga

Dari segi harga maka electric convection oven lebih mahal jika dibandingkan conventional oven electric.

Itulah beberapa perbedaan antara oven konveksi dengan oven konvensional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *