Apa Itu Jasa Konsultasi SEO dan Apakah Anda Membutuhkannya?

Apakah Anda baru pertama kali ini mendengar tentang jasa konsultasi SEO? Kalau iya, artikel ini jelas bisa jadi bacaan yang tepat untuk Anda!

Melalui artikel ini, Anda akan bisa temukan rangkuman penjelasan tentang siapa itu konsultan SEO dan apa yang mereka lakukan. Selamat membaca!

Apa Itu Jasa Konsultan SEO?

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan konsultan SEO? Pada dasarnya, jasa konsultasi SEO merupakan jasa profesional dan independen yang menyediakan beragam layanan untuk meningkatkan peringkat sebuah website.

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang konsultan SEO akan menawarkan beragam jasa. Beberapa di antaranya termasuk riset keyword, optimasi on-page, dan backlink building.

Seorang konsultan SEO telah memiliki pengalaman yang mumpuni dan kecakapan profesional yang dibutuhkan untuk membantu para klien. Dengan begitu, Anda juga bisa menghemat waktu dan tenaga karena segala urusan terkait SEO akan ditangani langsung oleh ahli yang kemampuan serta pengalamannya telah terbukti.

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang konsultan SEO tentu juga akan menyediakan laporan secara rutin dan berkala. Biasanya, laporan yang diberikan adalah laporan bulanan yang mencakup apa saja penyesuaian dan peningkatan yang telah dilakukan serta peringkat website terkini.

Jenis Layanan yang Disediakan Konsultan SEO

Secara garis besar, jasa konsultasi SEO jelas akan memberikan serangkaian layanan yang berkaitan dengan SEO untuk meningkatkan peringkat website klien. Untuk mencapai tujuannya itu, konsultan SEO menyediakan jasa seperti:

  • Audit SEO

Jasa ini merupakan proses analisis mendalam terhadap kemampuan sebuah website untuk masuk peringkat pencarian search engine. 

Dalam prosesnya, audit SEO membedah ke dalam konten, SEO teknikal, backlink, riset kompetitor, dan sebagainya. Selain itu, audit SEO juga menyoroti cara-cara meningkatkan peringkat suatu website.

  • Riset keyword

Proses ini bertujuan untuk menemukan keyword-keyword yang relevan untuk disasar sebuah website.

  • SEO on-page

Strategi SEO on-page adalah strategi optimasi aspek-aspek teknikal sebuah website agar memenuhi standar best practice dari Google. Misalnya dengan meningkatkan kualitas konten website, optimasi tag dan metadata, meningkatkan kecepatan loading website, dan meningkatkan keamanan website.

  • Link building

Makin bagus kualitas link dari sebuah website, makin mudah bagi website tersebut bersaing dalam peringkat untuk keyword-keyword yang tingkat persaingannya tinggi.

Jika konsultan mengindikasikan bahwa otoritas dari website Anda ternyata rendah, ia akan menjalankan kampanye link building yang bertujuan untuk meningkatkan profil backlink website tersebut.

  • Laporan bulanan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, 

jasa konsultasi SEO juga akan menyediakan laporan bulanan untuk dipresentasikan dan disampaikan kepada Anda sebagai klien. 

Dalam laporan tersebut juga terdapat informasi mengenai peringkat website Anda yang terbaru, apa saja yang telah dijalankan oleh konsultan, dan hasil yang diperoleh atas strategi yang telah diterapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *