Sebelum Beli Genset Diesel, Pahami Dahulu Kelebihan Dan Kekurangan Genset Tersebut!

Di Indonesia, genset diesel termasuk salah satu jenis genset yang umum dan pengaplikasiannya mulai dari di lingkungan rumah tangga sampai dengan industri. Keefisienan merupakan kelebihan utama yang dimiliki oleh genset dengan bahan bakar solar ini. Walaupun demikian, genset jenis diesel ini juga memiliki sisi kekurangannya tersendiri yang perlu Anda ketahui.

Beberapa Kelebihan Genset Jenis Diesel

  1. Efisiensi Bahan Bakar

Genset jenis diesel memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi. Jika dibandingkan dengan genset jenis bensin, genset mesin diesel dapat menghasilkan lebih banyak daya dengan jumlah bahan bakar yang cenderung sedikit. Hal tersebut membuat genset jenis diesel dapat dijadikan solusi genset yang ekonomis.

  1. Bahan Bakarnya Lebih Terjangkau

Genset membutuhkan bahan bakar tertentu supaya dapat mengoperasikannya dan menyuplai listrik secara maksimal sesuai dengan kebutuhan. Nah, seperti yang diketahui, genset jenis diesel ini menggunakan bahan bakar solar, dan solar termasuk bahan bakar yang terjangkau dibandingkan dengan jenis bahan bakar yang lainnya, misalnya bensin. 

  1. Kapasitas Dayanya Besar

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh genset jenis diesel adalah mampu men-supply tenaga listrik yang berdaya besar. Dikarenakan kapasitas dayanya yang cenderung besar dan dapat mencukupi kebutuhan listrik berbagai peralatan serta sistem, genset ini menjadi andalan di berbagai tempat misalnya di kantor kantor, rumah sakit, di gedung universitas, dan lain sebagainya. Sementara itu, ada pula genset diesel yang berkapasitas kecil yang dapat digunakan sebagai cadangan listrik di lingkup rumah tangga saja.

  1. Perawatan Lebih Mudah

Selain itu, perawatan genset diesel juga lebih mudah untuk dilakukan, tak begitu rumit jika dibandingkan perawatan genset jenis lainnya. Ini dikarenakan genset jenis diesel tak dilengkapi dengan busi, dan juga mesin diesel di dalam genset ini memang umumnya dirancang tahan lama serta tidak terlalu sering memerlukan perawatan. 

Hal ini memberikan poin plus dalam hal keandalan dan juga efisiensi biaya operasional. Perawatan bisa dilakukan secara berkala dan lakukan pemeliharaan sederhana supaya genset tetap selalu awet.

Kekurangan Genset Jenis Diesel

Pada pembahasan seputar kelebihan dan kekurangan genset diesel ini, sekarang akan disebutkan secara sekilas saja beberapa poin kekurangannya. Kekurangan yang pertama dari genset jenis diesel adalah suaranya yang bising. Sehingga penggunaan genset ini dengan suara bising yang ditimbulkannya tersebut bisa saja mengganggu masyarakat sekitar. 

Kekurangan lainnya adalah harga genset tersebut biasanya lebih tinggi dibandingkan jenis genset yang lainnya, namun mungkin tidak semuanya memiliki harga yang mahal. Selain itu, ukurannya cenderung besar dan bobotnya berat sehingga cukup sulit untuk dipindah-pindahkan.

Itu dia beberapa poin kelebihan serta sekilas kekurangan dari genset diesel. Setelah melakukan berbagai pertimbangan yang matang, apakah Anda merasa tertarik untuk memilih genset ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *