Jenis-Jenis Insulasi Atap, Penyerap Panas Yang Populer!

Sebuah ruangan harus memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga memerlukan jendela dan ventilasi udara. Namun insulasi atap juga diperlukan untuk meredam panas. Peredam panas atap sangat penting untuk menjaga suasana sejuk. Aspek-aspek ini harus dipertimbangkan saat membangun ruangan yang sejuk.

Mengenal Roof Insulation/Insulasi Atap

Insulasi atap merupakan penempatan material dengan tujuan untuk menurunkan suhu atap bangunan. Hal ini pastinya dapat membuat ruangan menjadi lebih dingin dari biasanya. Selain itu, penggunaan insulasi atap juga dapat meminimalisir kebutuhan akan alat pendingin ruangan (AC) yang tentunya lebih hemat dari segi daya.

Ada beberapa bentuk insulasi atap, namun aluminium foil termal adalah yang paling umum digunakan. Bahan ini bekerja dengan memantulkan sinar infra merah dan meredam suara baik dari luar maupun dalam.

Tahapan Instalasi

Insulasi atap dapat dipasang langsung pada bagian atas atap. Jika ada lapisan lain di bawah atap yang melindungi ruangan, kita bisa menempelkannya pada lapisan tersebut.

Insulasi atap bekerja dengan memantulkan dan menyerap panas matahari saat menyinari atap. Atap tanpa insulasi biasanya akan menyerap panas matahari dan masuk ke dalam ruangan.

Berbeda dengan atap yang dilengkapi dengan insulasi, atap ini akan langsung memblokir panas dan mengumpulkannya dalam lapisan berlubang. Alhasil, suhu ruangan pun nyaman dan sejuk.

Ragam Jenis Insulasi Atap

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aluminium foil merupakan insulasi yang paling sering dijual dan diaplikasikan. Jenis tersebut hadir dalam bentuk lembaran perak. Lembaran tersebut terdiri dari dua lapisan utama yang bekerja sama untuk menyerap panas. Berikut beberapa jenis insulasi atap.

  • Insulasi Polyester

Selain berguna untuk pembuatan berbagai bahan garmen, polyester juga dapat menjadi penyerap panas yang efektif. Jenis insulasi yang paling sering digunakan adalah R3.5. Bahan ini ringan dan cocok untuk lingkungan apa pun meski harganya lebih mahal dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada kulit.

  • Bubble Foil

Jenis ini mempunyai sifat dan bentuk yang kurang lebih sama dengan aluminium foil. Perbedaannya hanya ada pada permukaannya saja, yakni berupa lingkaran yang bertumpuk.

  • Glass Wool

Salah satu insulasi terbaik terdiri dari serat fiberglass yang telah diolah sehingga membentuk penutup seperti wol. Glass wool biasanya digunakan sebagai peredam suara di dalam gedung perkantoran, industri, studio musik, dan lingkungan lainnya.

  • Panel Styrofoam

Meskipun material panel ini terbuat dari plastik, namun cukup baik dalam menyerap panas. Karena terbuat dari butiran plastik yang dikompres lalu diisi udara. Keuntungan dari bahan ini adalah harganya yang murah sehingga Anda dapat menghemat uang.

  • Polyurethane Foam

Busa poliuretan merupakan salah satu bahan yang mampu menyerap panas secara efektif. Bahan ini memiliki tekstur yang kaya cairan sehingga mampu menyerap panas dengan lebih efektif dan tidak mudah luntur jika terkena panas atau dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *