Juice Extractor dan Juicer Itu Beda! Kenali Perbedaannya Dulu Yuk

Tahukah Anda bahwa juice extractor dan juicer sebenarnya adalah dua jenis alat yang berbeda? Karena fungsinya yang mirip, rasanya wajar jika Anda merasa sedikit kebingungan saat harus membedakan keduanya. 

Tapi, sebenarnya keduanya berbeda, lho! Lantas, apa ya perbedaan di antara keduanya? Simak dulu penjelasannya di sini, ya!

Apa Itu Juicer?

Secara garis besar, juicer punya fungsi untuk memisahkan cairan dan bagian padat dari produk yang diproses menggunakan alat ini. Pemrosesannya sendiri menggunakan tenaga sentrifugal, di mana bilah-bilah pisau pada mesin berputar dengan cepat untuk menghancurkan produk padat menjadi cair.

Penggunaan juicer juga dapat menghilangkan serat dari buah dan sayuran sehingga hanya nutrisi cair saja yang terdapat pada minumannya. Selain itu, proses pembuatan jus menggunakan juicer juga tak butuh waktu selama juice extractor.

Karena itu, juicer cocok bagi Anda yang butuh minum jus dengan cepat dan tidak keberatan apabila ada nutrisi yang hilang di dalam minuman jus Anda.

Apa Itu Juice Extractor?

Sementara itu, alat juice extractor memiliki cara kerja yang berbeda dengan juicer. Alat ini bekerja dengan cara mengekstrak cairan dari potongan-potongan tipis buah dan sayur, alih-alih menghancurkannya untuk menjadi cairan.

Melalui proses ini, cairan jus yang dihasilkan pun lebih banyak dengan jumlah ampas yang jauh lebih sedikit dibandingkan jika Anda membuat jus menggunakan juicer biasa. Dengan begitu, kandungan serat di dalam buah ataupun sayur juga tidak mengalami perubahan signifikan bahkan setelah sudah menjadi cairan jus.

Selain dikenal dengan nama juice extractor, alat ini juga biasa disebut sebagai slow juicer. Sebab, durasi pemrosesannya memang lebih lama dibandingkan juicer biasa karena kecepatan putar alatnya yang juga lebih lambat.

Hanya saja, desain yang lebih kompleks dan adanya fitur-fitur tambahan yang lebih beragam membuat harga juice extractor jadi lebih mahal juga dibandingkan harga juicer pada umumnya.

Kira-kira itu tadi rangkuman penjelasan mengenai perbedaan antara juice extractor dan juicer. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *