Jenis Perawatan Yang Diberikan Dokter Orthopedi Surabaya Terbaik

Sebagai dr orthopedi Surabaya terbaik di National Hospital serta rumah sakit lain, dr. Teuku Arief Dian Sp.OT bertugas untuk memberikan layanan dan konsultasi sesuai bidang. Dalam hal ini adalah dokter spesialis ortopedi dan traumatologi yang menangani masalah pada tulang, sendi, hingga jaringan di sekitarnya.

Seperti dokter spesialis lain, beliau akan melakukan pemeriksaan dan diagnosis untuk memastikan kondisi yang dialami pasien. Begitu hasilnya keluar, dokter akan mengambil tindakan yang terdiri atas perawatan non bedah dan pembedahan.

Perawatan non bedah

Disebut juga sebagai perawatan konservatif, jenis perawatan ini menjadi tindakan yang kali pertama dipilih sebagian besar dokter, termasuk dr. Teuku Arief Dian Sp.OT, sebelum merekomendasikan operasi. Beberapa jenis perawatan yang dimaksud adalah:

  • Latihan peregangan. Jenis latihan ini ditujukan untuk mempertahankan serta meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, maupun rentang gerak pada area tubuh tertentu. Anda akan menerima jadwal untuk mengatur peregangan yang tepat;
  • Imobilisasi. Perawatan dari dr orthopedi Surabaya terbaik ini dilakukan untuk mencegah ketegangan ekstra di suatu area sekaligus menunjang penyembuhannya. Teknik imobilisasi biasanya memakai belat, gips, dan kawat gigi;
  • Konsumsi obat. Obat yang diresepkan dokter bertujuan untuk meringankan gejala seperti sensasi nyeri serta pembengkakan. Ibuprofen, aspirin, hingga kortikosteroid dapat diberikan sesuai kondisi pasien.

Dokter spesialis juga biasanya akan meminta Anda mengubah gaya hidup untuk mempercepat pemulihan dan menekan risiko komplikasi di kemudian hari.

Perawatan bedah

Jenis perawatan ini diberikan saat cara konservatif tak berhasil. Adapun tindakan yang diambil dapat berupa:

  • Operasi penggantian sendi yang rusak akibat penyakit yang diderita;
  • Operasi fiksasi internal untuk menempatkan perangkat keras untuk menahan tulang yang sedang berada di tahap penyembuhan;
  • Cangkok tulang alis fusi untuk menghubungkan dua tulang agar menyatu;
  • Osteotomi yang melibatkan pemotongan tulang untuk diposisikan ke tempat semula;
  • Perbaikan jaringan lunak untuk memperbaiki tendon, ligamen, atau otot yang rusak parah;
  • Operasi pelepasan untuk meredakan gejala pada sindrom carpal tunnel.

Selamat berkonsultasi dengan dr orthopedi Surabaya terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *