Pentingnya Menggunakan Sepatu Boot Kulit Proyek

Disebut juga dengan safety boot, sepatu boot kulit proyek adalah salah satu APD yang wajib dikenakan oleh para pekerja proyek. Setiap pekerja mungkin membutuhkan safety boot yang berbeda, tergantung pada kondisi lingkungan kerja. Namun, fungsi utama sepatu ini sama, yaitu memberikan perlindungan. Berikut adalah manfaat menggunakan safety boot.

Melindungi dari Benda Jatuh

Benda jatuh adalah resiko yang umum terjadi saat pekerja, serta kendaraan dan peralatan proyek beroperasi pada waktu yang sama. Memakai safety boots dapat melindungi pekerja proyek dari resiko ini. Karena itu, sangat disarankan untuk memilih safety boots yang dilengkapi dengan ujung baja untuk meningkatkan perlindungan.

Melindungi dari Tusukan

Selain benda jatuh, safety boots juga dapat melindungi dari tusukan. Pastikan safety boots yang digunakan memiliki sol serta bagian atas yang tebal. Hal ini penting terutama jika Anda bekerja di lingkungan proyek yang cukup berbahaya. Dengan sol yang tebal, pekerja proyek akan terhindar dari resiko tusukan, seperti menginjak paku atau benda tajam lainnya.

Melindungi dari Sengatan Listrik

Safety boots yang terbuat dari bahan kulit dapat melindungi pekerja proyek dari sengatan listrik dan percikan api karena kulit merupakan bahan non konduktif. Begitu pula safety boots karet. Jika Anda bekerja di area proyek yang memiliki akumulasi listrik statis, lebih baik menggunakan safety boots dengan bahan konduktif.

Safety boots yang waterproof atau anti air dapat mengurangi mengurangi muatan statis sehingga mampu mencegah percikan api elektrostatis.

Meminimalisir Resiko Terpeleset

Selain benda jatuh dan tusukan, terpeleset juga merupakan resiko umum yang terjadi di lingkungan kerja proyek. Dengan menggunakan safety boots, resiko ini pun dapat diminimalkan. Pastikan Anda menggunakan safety boots yang dilengkapi dengan sol anti slip untuk melindungi Anda dari area licin.

Jika safety boots yang dipakai tidak memiliki sol anti slip, Anda bisa menambahkan selotip anti slip di bagian sol sepatu boots.

Untuk memastikan keamanan saat bekerja, pastikan Anda memakai sepatu boot kulit proyek yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *