Harga Kaso Baja Ringan Berdasarkan Tipe Strukturnya

Kaso atau juga disebut truss memiliki berbagai kelebihan saat diaplikasikan pada suatu konstruksi bangunan. Harga kaso baja ringan sendiri di pasaran bisa berbeda, salah satunya berdasarkan tipe struktur yang dipilih. Masing-masing tipe struktur tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Ketahui lebih banyak tipe-tipe struktur kaso baja ringan dalam artikel berikut.

#1. Pratt Truss

Di antara jenis kaso baja ringan, Pratt Truss adalah yang paling banyak digunakan dalam konstruksi. Kaso dengan tipe ini terdiri dari balok vertikal yang berfungsi sebagai penyangga tiang. Sementara itu, balok horizontal pada Pratt Truss digunakan untuk menyangga tarikan.

Kelebihan Pratt Truss jika dibandingkan dengan jenis kaso baja ringan lainnya adalah tipe ini efektif menahan kompresi. Selain itu Pratt Truss hadir dengan desain yang simpel dan lebih ekonomis. Tidak hanya itu, kaso baja ringan tipe Pratt juga cocok diaplikasikan pada berbagai desain bangunan.

#2. Warren Truss

Berbeda dengan Pratt Truss, kaso baja ringan tipe Warren memiliki bentuk segitiga sama sisi pada konstruksinya. Warren Truss banyak dipilih sebagai bahan konstruksi karena mampu mendistribusikan beban secara merata. Karena kelebihannya ini, Warren Truss sangat sesuai untuk konstruksi bangunan dengan beban terbentang dan struktur batang yang panjang.

#3. K Truss

Harga kaso baja ringan K Truss juga berbeda dengan jenis yang lain. Dibandingkan dengan tipe kaso lainnya, K Truss cenderung memiliki desain yang lebih kompleks. Selain itu, bagian vertikal truss tipe ini memiliki bentuk vertikal yang lebih pendek. 

Desain yang tidak biasa ini membuat K Truss memiliki ketahanan terhadap tekuk yang lebih baik. Selain itu, struktur K Truss juga lebih kuat. Kelebihan lainnya adalah kaso baja ringan jenis ini dapat mengurangi kompresi pada bagian vertikal dan cenderung lebih hemat biaya.

#4. Howe Truss

Secara visual, Howe Truss memiliki desain yang berkebalikan dengan Pratt Truss. Bagian diagonal kaso tipe ini terdapat pada sambungan yang berlawanan. Hal ini membuat Howe Truss menjadi salah satu pilihan ideal untuk diaplikasikan pada beban terbentang.

Penggunaan Howe Truss dalam konstruksi bangunan bisa lebih efisien apabila kaso ini diaplikasikan pada sambungan akord bawah. Contoh pengaplikasian ini bisa ditemukan pada rangka atap yang memiliki langit-langit.

#5. Fink Truss

Memilih tipe Fink Truss juga akan mempengaruhi harga kaso baja ringan yang dibeli. Hadir dengan desain berbentuk huruf V, Fink Truss lebih banyak digunakan dalam konstruksi yang membutuhkan transmisi beban ke tumpuan. 

Untuk dapat mentransmisikan beban dengan baik, kaso baja ringan ini cenderung lebih mengedepankan bagian diagonalnya. Meskipun sedikit lebih kompleks jika dibandingkan dengan kaso baja ringan jenis lain, penggunaan Fink Truss dapat menghemat biaya konstruksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *